Selasa, 29 Oktober 2013

BERITA KOMPETISI PRAMUKA PENEGAK (KOMPAK) TAHUN 2013



KOMPETISI PRAMUKA PENEGAK (KOMPAK) TAHUN 2013


Gugus Depan Kota Semarang 14.111 Gugus Depan Kota Semarang 14.112 Universitas Negeri Semarang, adalah salah satu Gugus Depan Perguruan Tinggi di Indonesia, turut bersama-sama dengan Gugus Depan Perguruan Tinggi yang lain dalam upaya memajukan Gerakan Pramuka di Indonesia, sejalan dengan prinsip Tri Darma Perguruan Tinggi. Gugus Depan Kota Semarang 14.111 Gugus Depan Kota Semarang 14.112 Unnes mempunyai satu Racana yaitu Racana Wijaya. Pembinaan anggota dilimpahkan sepenuhnya kepada masing-masing fakultas yang disebut Dewan Koordinasi.
Tidak dapat dipungkiri bahwa  Kepramukaan menghadapi tantangan kemajuan globalisasi dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, apalagi masuknya budaya barat yang cenderung mengakibatkan aspek-aspek hedonis atau mengejar kenikmatan semata. oleh karena itu, dalam perkembangan kegiatan pramuka Racana wijaya dituntut untuk menciptakan dan mengembangkan kegiatan yang menarik, bermanfaat, menantang, dan tentu saja edukatif/mendidik. berkaitan dengan hal tersebut maka Guguslatih Ilmu Sosial mengadakan kegiatan Lomba Penegak se-binwil Kota Semarang dan sekitarnya yang kami beri nama KOMPETISI PRAMUKA PENEGAK TAHUN 2013” Guguslatih Ilmu Sosial Racana Wijaya Gugus Depan Kota Semarang 14.111 Gugus Depan Kota Semarang 14.112 Universitas Negeri Semarang. Kegiatan ini berdasar pada Undang – undang Gerakan Pramuka No 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, Surat Keputusan kwartir Nasional No 24 tahun 2009 tentang Anggaran Dasar Gerakan Pramuka, Surat Keputusan kwartir Nasional No 103 tahun 2009 tentang Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka, Program kerja Guguslatih Ilmu Sosial Racana Wijaya Gugus Depan  Kota Semarang 14.111 Gugus Depan  Kota Semarang 14.112 Universitas Negeri Semarang, Keputusan rapat anggota Guguslatih Ilmu Sosial Racana Wijaya Kota Semarang 14.111 – 14.112 Universitas Negeri Semarang  tanggal 2 Februari 2013.
Kegiatan Kompak ini bertujuan untuk Memfasilitasi pramuka penegak untuk menjalin hubungan sesama Anggota Gerakan Pramuka golongan penegak, Mengakomodasi Pramuka penegak untuk mengeksplorasi kemampuan kepramukaan, Mewadai anggota Gerakan Pramuka Penegak untuk berkarya dan berprestasi dengan tema kegiatan Melangkah Bersama Pramuka, Kita Raih Prestasi Membentuk Tunas Bangsa Yang Kreatif dan Berjiwa Konservasi”. Kompetisi Pramuka Penegak ini dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 2013, di lingkungan kampus Universitas Negeri Semarang. Dalam Kompak ini ada beberapa lomba, yaitu Lomba Baris berbaris, Lomba Kreativitas Pramuka Penegak (LK-2P), Lomba Genious Scout Competition (GSC), Lomba Pioneering, dan Lomba Putra Putri KOMPAK (PAPIKO).

Kegiatan KOMPAK ini merupakan tahun kedua, dimana yang pertama diselenggarakan pada tahun 2011, pada saat itu JUARA umum yang memperebutkan piala bergilir Dekan Fakultas Ilmu Sosial diraih oleh pangkalan atau SMA Pondok Pesantren Darul Amanah Kabupaten Kendal. Dan pada tahun 2013 ini ditingkatkan menjadi piala bergilir Rektor Universitas Negeri Semarang diikuti oleh 12 Pangkalan atau SMA yaitu juara bertahan SMA Ponpes Darul Amanah Kendal, SMA N 5 Semarang, SMA N 10 Semarang, SMA N 3 Pati, SMA Al uswah Semarang, SMA N 1 Purwodadi, SMA Pondok Moderen Selamat Kendal, MAN 1 Kudus, SMA Miftahul Huda Purwodadi, SMA 1 Toroh, SMK Walisongo Jepara, SMA N 1 Karang tengah Demak, dan yang memperoleh juara umum pada KOMPAK 2013 ini adalah SMA N 1 Purwodadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar