Selasa, 11 Maret 2014

Pelantikan dan Rapat Kerja Guguslatih Ilmu Sosial 2014



Minggu, 2 Maret 2014, Guguslatih Ilmu Sosial Racana Wijaya Gugus Depan Kota Semarang 14.111-14.112 Universitas Negeri Semarang melaksanakan kegiatan Pelantikan dan Rapat Kerja kepengurusan masa bhakti 2014, yang dilaksanakan di Gedung C7 lantai 3 Fakultas Ilmu Sosial , dimulai dari pukul 07.30 – 18.00. Acara dimulai dengan upacara adat yang merupakan tradisi dari pramuka racana wijaya dalam setiap mengawali kegiatan dan mengakhiri kegiatan yang pada dasarnya bertujuan agar acara berjalan dengan lancar.
Pukul 08.30 upacara pelantikan dan rapat kerja dibuka oleh Dr. Subagyo, M.Si, Dekan Fakultas Ilmu Sosial selaku majelis pembimbing pramuka guguslatih ilmu sosial. Acara tersebut dihadiri oleh Dr. Cahyo Budi Utomo, M.Si selaku Pembantu Dekan bidang Kemahasiswaan, Bapak Eko Handoyo selaku Pembantu Dekan Bidang Akademik, Kak Noorochmat Isdaryanto selaku pembina putra dan Kak Aryani selaku pembina putri guguslatih ilmu sosial.

Dalam acara pelantikan dan raker ini guguslatih ilmu sosial mengundang koordinator dari 7 guguslatih lain yang ada di unnes. Ketua racana wijaya Kak Emy Widoretno juga menghadiri acara tersebut sekaligus sebagai koordinator masa bhakti 2013 dan dewan kehormatan masa bhakti 2014. Beberapa alumni dari guguslatih ilmu sosial juga hadir sekaligus membantu pelaksanaan acara pelantikan dan raker masa bhakti 2014 yaitu kak samsul, kak mardeka dan kak afroni.
Pelantikan berlangsung khidmat dan tertib, pelaksana harian dan dewan koordinasi terlantik masa bhakti 2014 siap melaksanakan program-program yang nantinya akan dibahas pada sesi rapat kerja. Sekitar pukul 10.00 acara pelantikan di tutup dan kemudian dilanjutkan dengan sesi rapat kerja, namun secara spontan Kak Noorochmat meminta untuk diadakan sesi diskusi sebagai sarana pengakraban dan penyampaian wejangan dari majelis pembimbing. Sesi ini dipandu oleh Kak Noorochmat untuk kemudian secara bergantian majelis pembimbing lain yang hadir memberikan pandangan dan wejangan. Yang menarik wejangan dari pak cahyo yang diawali dengan nyanyi bersama lagu Janji Suci by Yovie-nuno dan beberapa candaan yang membuat peserta yang hadir terhibur, terlihat keakraban antara majelis pembimbing dengan pengurus pramuka .selain wejangan diiskusi tersebut juga melahirkan beberapa program yang diusulkan majelis pembimbing yaitu berupa usulan program pengolahan sampah dg cara pembuatan bakteri dan program kerja pembuatan alat mitigasi bencana oleh Kak Aryani dan program kerja pembuatan bibit durian oleh Kak Noorochmat. Diskusi  berlangsung sktar 30 menit kemudian dilanjutkan dengan pemantapan program kerja masing-masing bidang.
Rapat kerja berlangsung sampai jam 11.30 dilanjutkan dengan istirahat sampai jam 12.30. setelah itu makan siang bersama sampai jam 13.00, dilanjutkan dengan presentasi dari masing-masing bidang tentang program kerja yg akan mereka laksanakan dalam 1 tahun.sempat terjasi ketegangan ketika ada beberapa program kerja yang sama, namun semuanya bisa diselesaikan secara musyawarah dan mufakat. Setelah semua program kerja mantap acara diakhiri dengan upacara penutupan yang dihadiri oleh koordinator GL3 masa bhakti 2013. Kemudian dilanjutkan dengan upacara adat penutupan dan bersih-bersih oleh semua anggota. GusLat Ilmu Sosial Tetap Solid.

Penulis: Niken Setiasih

1 komentar: