Kamis, 17 April 2014

Bina Manajemen Wijaya 2014


Satya ku ku dharmakan dharma ku ku bhaktikan.
Salam pramuka
Hellow pramuka lover’s.
Pagi itu suasana di pkm  dan gedung c7 fis  nampak ramai oleh para mahasiswa dan mahasiswi yang memakai seragam pramuka lengkap dengan kabaretnya, bukan tanpa alasan mereka memakai pakaian pramuka, karena pada hari itu sedang diadakan kegiatan BMW.
 Pasti kalian bertanya-tanya, terus bengong mikirin apa itu BMW???? Nih kakak kasih tahu khusus buat sobat pramuka lover’s. BMW itu Bina Manajemen Wijaya, yaiitu kegiatan yang intinya memberikan pembekalan terhadap para anggota guslat fis tentang memanajemen organisasi yang baik. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari sobat pramuka lover’s, yaitu pada hari sabtu dan hari minggu tanggal 5-6 april 2014. Nahhhh???? Ngomong-ngomong masalah materi dalam kegiatan BMW ini ada empat inti pokok dan satu kegiatan tambahan, empat materi pokok, yaitu administrasi umum, administrasi racana, publik speaking dan manajemen organisasi. Tuh kan,,,,, siiip bangget materine, eh iya!!! yang gag ketinggalan yaitu pembuatan tali komando yang dikerjakan bareng-bareng sama temen-temen guslat fis, tentunya yang belum punya talkom begono,,,,,.

Kegiatan BMW ini diketuai oleh  kak Moko Dantoro, dia adalah salah satu anggota dari bidang diklat, kegiatan BMW ini adalah kegiatan yang pertama dari bidang diklat  lho... yang tentunya sudah terlaksana dan masih bnyak kegiatan-kegiatan lain yang belum dilaksanakan   dan tidak kalah menarik.
Selanjutnya saya akan memberi tahu sdikit perjalanan BMW kemarin yang telah kami laksanakan dan sekelumit kisah-kisah lucu dan menarik yang tentunya bisa menghibur temen-temen pramuka lover’s nihhhh....!
Kegiatan BMW hari pertama terlihat seperti biasa belum ada sesuatu yang mengejutkan karena memang kalau dilihat dari segi materinya pun tidak menuntut banyak keaktifan dari para peserta BMW, ya mungkin cuma tanya-tanya biasa seperti kegiatan-kegiatan yang lain, akan tetapi pada hari kedua yaitu pada waktu manajemen organisasi yang pematerinya sangat  “T O P B GT” alias top bingit karena bisa membuat para peserta sangat terkejut dan membuat gaduh se-isi gedung c7 lantai 3 gaduh dengan ulah dan tingkah para peserta dialah Kak Arif Kristiono, dulunya juga anggota GL FIS tetapi beliau sudah purna. Beliau itu menmberikan materi dengan cara memberi permainan kepada seluruh peserta untuk membuat kreasi se-menarik mungkin dan se-kreatif mungkin. kami para peserta dibagi menjadi enam kelompok, masing-masing kelompok nanti anggotanya mempunyai peran masing-masing, ada yang menjadi ketua, jadi relawan dan ada yang jadi team pekerja dan dari kak arif memberikan bekal yang nantinya dapat digunakan untuk masing-masing kelompok, yaitu berupa kertas minyak, gunting, tisu dan isolasi. Pasti pada penasaran nih kakak-kakak pramuka lover’s, iya kan???
Nih kakak kasih tahu, kan itu ada yang jadi ketua, relawan dan tim pekerja. Dari instruksi yang diberikan oleh kak arif, bahwa yang jadi ketua nanti membuat sketsa gambar terserah dan nantinya gambar itu akan di visualisasikan dengan cara memermak relawan yang bisa dikatakan sebagai modelnya, kemudian relawan ini di dandani dengan sedemikian rupa bergantung instruksi yang telah disampaikan masing-masing ketu kelompok sesuai dengan sketsa yang telah di buat oleh ketua. Kegiatan mempermak pun berlangsung dengan durasi selama 10 menit tinggal menunggu hasinya nanti akan jadi seprti apa?, waktu yang diberikan sudah habis waktunya presentasi dari ketua dari model yang telah dipermak oleh tim pekerjanya. Dari enam kelompok ternyata berbeda-beda karakter dan bentuk, ada yang membuat orang dengan pakaian khas bali, ada manusia lebah, manusia bunga mawar dan lain sebagainya yang pastinya gag kalah menarik deh.
Kak arif memberiakan permainan seperti ini katanya si ada maksud tertentu, tahu gag apa si maksudnya??? . hmmm, cukup membuat penasaran kan???.
Nih kakak kasih tahu lagi, maksud dari prmainan itu adalah pasti dalam sebuah organisasi atau kegiatan itu ada ketuanya ada relawannya dan ada tim atau angota. Jadi dalam hal ini seorang ketua harus bisa memberikan instruksi yang baik dan dapat memimpin rekan-rekannya. Dan kalau menjadi anggota haruslah bisa menjadi anggota yang baik yang bisa mengikuti perintah dari ketuanya dan menjalankan tugas dengan baik, supaya kegiatan yang dilaksanakan ini bisa berjalan dengan baik sesuai dengan sketsa atau pola yang telah dibuat oleh ketua. Jadi seperti itu.. udah pada mudengkan heheheh.
STOP. Itu saja yang dapat kakak gambarkan dari kegiatan BMW. Terima kasih
Guslat ilmu sosial tetap solid.
Racana wijaya satu keluarga.

1 komentar: